Tentang PPIA

Visi PPIA

PPI Australia akan berusaha untuk meningkatkan manfaat organisasi untuk komunitas yang lebih luas dan berusaha menjadi organisasi yang diakui di Indonesia, Australia dan International.

Misi PPIA

PPI Australia akan terus memperjuangkan kepentingan pelajar Indonesia di Australia dan juga memfasilitasi para pelajar indonesia untuk mengembangkan nilai-nilai luhur yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia dalam rangka meningkatkan kompetensi dan daya saing bangsa.

PPI Australia akan berusaha untuk meningkatkan manfaat organisasi untuk komunitas yang lebih luas dan berusaha menjadi organisasi yang diakui di Indonesia, Australia dan International.PPI Australia akan terus memperjuangkan kepentingan pelajar Indonesia di Australia dan juga memfasilitasi para pelajar indonesia untuk mengembangkan nilai-nilai luhur yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia dalam rangka meningkatkan kompetensi dan daya saing bangsa.

30 Tahun Mewakili Pelajar Indonesia di Australia

Bertempat di kota Canberra, Australian Capital Territory (ACT), tanggal 8 Maret 1981, para pelajar Indonesia di Australia mendeklarasikan berdirinya organisasi pelajar Indonesia, yang bernama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Australia, dengan berasaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dalam mukadimah Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), PPI Australia menegaskan bahwa:

“Kami para pelajar bangsa Indonesia yang belajar di Australia menyadari bahwa pembangunan bangsa dan Negara berada di tangan bangsa Indonesia sendiri. Untuk mewujudkan tercapainya tujuan bangsa dan negara Indonesia maka kami para pelajar harus menuntut ilmu secara bersungguh-sungguh dan saling bahu membahu menurut kemampuan dan keahlian masing-masing. Cita-cita tersebut tidak hanya dapat dicapai apabila para pelajar Indonesia mampu menumbuhkan kemampuan dirinya melalui pengasahan dan penalaran yang terus menerus dan disertai rasa tanggung jawab moral yang luhur dan keberanian intelektual yang tidak tunduk kepada nilai-nilai materialisme, jabatan atau kedudukan, tetapi berpegang teguh kepada nilai-nilai kebenaran yang hakiki demi tercapainya kesejahteraan bersama. Atas kesadaran turut memikul tanggungjawab di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kami para pelajar Indonesia di Australia bersepakat untuk bersatu dalam suatu wadah yang disebut Perhimpunan Pelajar Indonesia yang berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945”.

Untuk mewujudkan nilai-nilai dalam mukadimah ini, para pendiri PPI Australia menegaskan bahwa tujuan PPI Australia adalah: (i)  Meningkatkan dan mengembangkan persaudaraan di antara para pelajar Indonesia di Australia; (ii)Menciptakan kerjasama internal dan eksternal yang seluas-luasnya demi kepentingan anggota; (iii) Bersama-sama dengan anggota masyarakat Indonesia di Australia turut menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesia dan juga senantiasa berusaha memberikan sumbangan pemikiran kepada Negara; dan (iv) Sebagai wadah pelajar-pelajar Indonesia di Australia untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan nasional dan internasional yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Struktur organisasi PPI Australia terdiri dari 3 tingkatan, yakni PPI Australia Pusat, PPI Australia Cabang yang melingkup negara bagian, dan PPI Australia Ranting yang berada di setiap lembaga pendidikan di Australia, baik universitas, institut, maupun TAFE. Di tingkat pusat, pucuk pimpinan disebut dengan Sekretaris Jenderal, namun dalam Kongres XIII 2006 direkomendasikan untuk dirubah menjadi Presiden. Sedangkan di tingkat Cabang, dikomandoi oleh Koordinator (juga diusulkan menjadi Ketua), dan di tingkat ranting, dipimpin oleh Ketua. Sementara itu, Kongres menjadi forum tertinggi pengambilan keputusan organisasi, dimana Kongres diselenggarakan setiap 2 tahun.

Sejak tahun 1981 PPI Australia telah berjalan bagai pasang surut gelombang. Hal ini terjadi di semua level organisasi PPIA, mulai dari ranting di tingkat universitas, cabang di tingkat negara bagian, dan pusat. Dalam warna yang kental dengan semangat ‘federatif”, kegiatan-kegiatan PPIA di tingkat ranting dan cabang relatif berjalan penuh dinamika yang sejalan dengan gaya dan ciri khas dari masing-masing state di Australia. Dalam melaksanakan berbagai program, PPIA telah banyak membina dan mengembangkan kerjasama dan jaringan dengan berbagai pihak, mulai dari Pemerintah Indonesia, Pemerintah Australia, Kedutaan Republik Indonesia (KBRI), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), universitas-universitas di Australia dan Indonesia, organisasi kemasyarakatan di Indonesia dan Australia, maupun kalangan dunia usaha, baik di Indonesia dan Australia.